Tips Memilih Web Hosting Untuk Blog Yang Baik Dan Benar

Tips Memilih Web Hosting – Hosting merupakan hal yang paling penting untuk para blogger dalam menjalani aktivitas bloggingnya jangan pernah salah pilih terhadap layanan web hosting semua itu dilakukan agar kualitas blog tetap terjaga dan kita tidak perlu repot memikirkan tentang server dan lain-lainnya jadi tinggal fokus nulis saja dan mencari visitor yang melimpah agar blog yang kita kerjakan dapat menghasilkan pemasukan bagi diri kita sendiri.

Layanan web hosting saat ini sudah banyak sekali baik dari para penyedia jasa lokal atau luar negeri semua sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan karena perinsip dasarnya adalah tidak ada sesuatu yang sempurna yang ada hanyalah ‘mendekati sempurna’ mungkin masih banyak blogger Indonesia yang mengklaim bahwa kualitas hosting luar jauh lebih baik dibandingkan lokal yang menjadi pertanyaan dilihat dari segi apa ? server, support atau harga ? sekarang akan kita ulas itu semua dan saya akan memberikan tips bagaimana caranya memilih layanan web hosting yang baik dan benar.

tips-memilih-web-hosting-1

Berikut point penting sebelum memilih layanan web hosting agar tidak merasa dikecewakan dan tertipu :

  • Tentukan dahulu budget yang ingin anda belanjakan.
  • Sesuaikan dengan kondisi blog saat ini.
  • Bedakan antara programer dan webmaster/provider.
  • Lihat track recordnya.

Oke setelah saya beri tahu keempat point diatas sekarang saatnya kita ulas dengan seksama dari point ke point diawalai dari yang mudah terlebih dahulu, tips yang saya bagikan ini berlaku untuk layanan hosting lokal dan luar negeri jadi silahkan disimak dengan seksama.

1. Budget dan anggaran

Silahkan anda tentukan terlebih dahulu berapa banyak budget yang dapat anda keluarkan untuk memesan dan membeli layanan web hosting, jika anda adalah seorang blogger pemula yang baru saja merintis dan membangun sebuah blog ada baiknya gunakan anggaran yang kecil terlebih dahulu, tidak usah tergiur dengan promosi sana sini yang penting budget anda sesuai dengan proyek anda sebagai pemula dalam mengelola blog, saya sendiri pengeluaran untuk blog hanya sekitar Rp 200.000 -, dalam setahun.

2. Harga layanan hosting

tips-memilih-web-hosting-2

Setelah anda menentukan budget anggaran silahkan anda mencari layanan hosting yang sesuai dengan budget yang anda miliki anda bisa memilih layanan lokal ataupun luar akan tetapi biasanya harga hosting luar itu mahal-mahal bisa murah asal memakai kupon untuk mendapatkan potongan jadi saran saya silahkan anda beli pada jasa layanan lokal saja selain murah metode pembayarannya juga simple bisa menggunakan transfer rekening berbeda jika anda ingin membeli layanan luar yang harus menggunakan paypal dan kredit card.

3. Support 

Jangan pernah sekali-kali membeli layanan hosting yang supportnya jelek, apa mau ketika blog anda terkena masalah dari segi server tapi pihak penyedia layanan tida responsif untuk membantu anda ? tentunya tidak ada yang mau oleh sebab itu carilah hosting yang pelayanan supportnya baik anda bisa cari melalui track recordnya di Google, biasakan sebelum membeli wajib melihat review dari orang-orang yang sudah mamakai layanan hosting tersebut apakah reviewnya bagus atau jelek.

tips-memilih-web-hosting-3

Selain itu anda juga harus mengetahui dan bisa membedakan mana programer mana webmaster misal kasusnya seperti ini, blog anda mengalami blank error karena ada kode didalam template anda yang korup atau rusak setelah itu anda megadukan hal tersebut kepada pihak penyedia hosting akan tetapi pihak penyedia tidak mau memberikan bantuannya maka hal tersebut belum bisa dikatakan sebagai layanan hosting yang buruk. Apa benar webmaster/provide disuruh membetulkan atau mengerjakan kode-kode blog ? semua itu merupakan tugas dan janggung jawab anda sendiri sebagai blogger jadi anda harus memahami sedikit kode pemrograman, terkecuali yang rusak memang dari segi servernya seperti down time misalnya barulah anda bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia layanan hosting.

Sebenarnya juga ada layanan hosting yang mau membantu tentang masalah seperti itu jadi tergantung dari TOS atau perjanjian yang ada didalam layanan hosting, biasakan membaca TOS dan ketentuan pengguna sebelum membeli agar anda tidak merasa dikecewakan atau tertipu.

4. Tidak overselling ! 

tips-memilih-web-hosting-4

Nah ini juga perlu diperhatikan silahkan anda logika dan anda bandingkan sendiri antara harga dan layanan. Misalnya ada hosting seharga Rp 50.000 -, pertahunnya dan menawarkan layanan yang serba unlimited baik dari space, resource, bandwitdh apakah itu masuk akal ? kalau bagi saya sendiri jelas tidak masuk akal dari mana mereka mendapatkan keuntungan ? apa itu bukan hoax namanya ? jadi menimbang antara layanan dan harga itu penting yang jelas-jelas wajar misalnya seperti ini harga Rp 100.000 pertahun menawarkan 1 gb space, 100 gb bandwidth dan unlimited domain itu masih wajar dan masuk akal jadi perhatikanlah dengan baik setiap tawarannya.

5. Kualitas layanan

Kita juga harus mengetahui kualitas layanannya dari semua aspek mulai dari harga, support dan tawarannya. Silahkan anda cari di Google review hosting yang memiliki performa yang baik banyak sekali bertebaran di Google jika anda mau berusaha sedikit, biasanya review bagus terhadap hosting ditunjukan kepada layanan hosting luar negeri seperti hostgator, hawkhost dan namecheap ketiga provider tersebut memang sudah saya coba semua dan hasilnya memuaskan saya kasih nilai 9/10.

Mulai dari supportnya yang responsif, servernya yang kuat jarang terjadi down time dan harganya juga terbilang murah jadi pantas jika saya berikan nilai 9/10 tapi banyak juga provider lokal yang bagus silahkan anda cari sendiri berdasarkan review orang lain tapi nanti akan saya coba buatkan artikel tentang hosting yang saya pakai saat ini.

Sekiranya itu tips yang saya berikan kepada anda, semoga anda bisa menemukan layanan hosting yang baik dari segi supportnya, kualitas layanannya dan juga tawaran harganya tapi ingat tidak ada layananan yang sempurnya semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dan carilah yang mendekati kata sempurna.

Add Comment