Cara Memasang Dan Setting XML Sitemap AIO SEO Pack

Memasang Dan Setting XML Sitemap AIO SEO Pack – Pada artikel yang lalu saya sudah menjelaskan dengan detail menganai cara setting plugin All in one seo pack yang sangat SEO Friendly, kali ini kita akan mencoba manfaat lain dari plugin yang satu ini yaitu fitur sitemapsnya. Sudah diakui memang bahwa plugin SEO buatan michel tobert ini memiliki banyak sekali fitur SEO jadi kita tidak perlu repot untuk memasang plugin pendukung SEO lainnya cukup gunakan satu saja.

Namanya juga sudah All in one SEO berarti semua fitur yang berhubungan dengan teknik SEO terdapat dalam satu plugin ini, tapi sebelum masuk pada tahap tutorialnya kita akan ulas sedikit tentang sitemap yang ada didalam plugin ini. Sitemaps yang ada didalam plugin AIO Seo pack ini cukup lengkap sekali fiturnya dan susunan dari struktur sitemapsnya juga sangat teratur sehingga membuat google crawl dengan mudah merayapi setiap halaman yang ada didalam blog efeknya adalah membuat blog lebih mudah terindex oleh Google tanpa harus bersusah payah untuk melakukan submit url satu persatu.

Sekarang mari kita coba menerapkan fitur sitemaps pada plugin ini, hal yang perlu ditinjau sebelum memasang dan menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut :

  • Jangan gunakan plugin atau sitemap lainnya, cukup pasang satu saja.
  • Silahkan hapus sitemap yang sudah ada sebelumnya di Google webmaster.
  • Setelah memasang sitemap silahkan anda kirim ke Google webmaster.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-1

Langkah pertama pada step ini adalah dengan masuk kedalam halaman menu plugin, pilih dan aktifkan fitur XML Sitemap All in one SEO Pack. Nanti anda akan menemukan dashboard atau beranda pengaturan sitemaps setelah itu barulah kita bisa langsung eksekusi.

1. XML Sitemaps

Pada bagian pertama ini kita harus mengatur berbagai pengaturan dasar sitemaps mulai dari nama, jadwal update dan index sitemaps. Silahkan atur sesuai dengan cara yang sudah saya berikan dibawah ini.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-2

Isikan bagian filename prefix sesuai dengan selera anda bisa diganti menjadi peta situs, peta halaman atau bisa juga anda biarkan secara default, untuk jadwal update sitemaps saya rekomendasikan untuk memilih weekly atau mingguan dan jangan centang pada bagian sitemap indexes biarkan secara default saja, Masih pada bagian yang sama sekarang kita menuju bagian lainnya.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-3

Nah pada bagian ini anda harus mengatur halaman apa saja yang harus anda masukan kedalam list sitemaps, kalau saya pribadi memilih untuk mencantumkan post page, pages, tags dan categories selain itu saya biarkan untuk tidak terindex karena saya pikir 4 element tadilah yang sangat berpengaruh pada SEO sehingga tidak perlu untuk melisting setiap halaman kedalam sitemaps, perhatikan dengan baik gambar diatas.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-4

Ikuti juga settingan tambah seperti pada gambar diatas centang semua pada bagian create compressed sitemaps, link virtual robots dan dynamic sitemaps agar performa sitemap yang ada buat semakin lebih powerfull lagi.

2. Priorities

Pada bagian ini kita akan mengatur terhadap prioritas masing-masing bagian halaman yang sudah kita setting tadi skalanya dari 0.0 sampai dengan 1.0 ingat jangan mengatur prioritas sitemap dengan skala yang tinggi nanti bisa menyebabkan error di Google webmaster oleh sebab itu pilihkan skala 0.5 pada setiap bagian sitemaps.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-5

3. Frequencies 

Sekarang kita akan atur interval serta masing-masing frekuensi dari sitemap tersebut, sama seperti halnya bagian prioritas tadi kita tidak boleh mengatur frekuensi sitemap yang terlalu tinggi bisa menyebabkan error di Google webmaster oleh sebab itu silahkan setting seperti pada gambar berikut.

setting-sitemaps-aio-seo-pack-6

Pilih frekuensinya secara harian atau daily pada setiap bagian tersebut baik itu hompage, post dan taxonomies. Sekarang sitemap yang kamu buat sudah jadi dengan settingnya yang powerfull selanjutnya adalah tinggal mendaftarkan sitemap kedalam Google webmaster tools dan tunggulah sampai sitemap tersebut terindex oleh Google.

Maka dengan demikian waktu index dari blog yang anda miliki akan semakin lebih cepat daripada biasanya, hal ini sudah saya coba tanpa harus memasukan dan mengirim url langsung ke Google hanya butuh waktu 3 hari artikel dari blog saya sudah terindex oleh Google lumayan cepat bukan ? konon katanya berdasarkan info yang saya terima dari forum ads.id indexing blog yang terjadi secara alami akan tahan lama dan tidak mudah tergeser dengan blog lainnya dibandingkan dengan mengirim langsung ke Google webmaster yang cenderung tidak tahan lama.

Add Comment