Tips Setting Plugin All In SEO Pack Yang Sangat SEO Friendly

Setting Plugin All In SEO Pack – Plugin yang satu ini memang selalu menjadi favorit bagi para blogger diseluruh dunia, untuk mendapatkan hasil SEO yang baik dan efektif maka anda perlu memasang plugin ini sebenarnya masih ada plugin SEO yang serupa dengan ini akan tetapi plugin inilah yang sangat populer dan powerfull dibandingkan dengan plugin SEO lainnya yang terdapat pada directory wordpress, selain itu pengaturan dan konfigurasi dari plugin ini terbilang simple dan mudah untuk dimengerti oleh pemula termasuk saya sendiri.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus mengetahui beberapa teknik dari penyetelan plugin ini agar hasil dari plugin ini lebih maksimal dan efektif terhadap peringkat blog di search engine. Saya sendiri sudah melakukan berbagai observasi demi mendapatkan hasil yang terbaik mulai dari membaca blog ke blog lainnya serta beberapa experimen trial dan error lainnya, oleh sebab itu agar upaya saya tidak sia-sia maka akan saya share tutorialnya disini.

Tapi ada hal yang musti anda ketahui bersama, beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai step ini adalah sebagai berikut :

  • Jangan pasang plugin SEO lainnya.
  • Hasil bisa berbeda-beda pada setiap blog.
  • Efek dari settingan plugin ini memerlukan waktu, jadi tidak langsung berdampak pada blog.

Oke sekarang mulai dari step pertama, silahkan anda pasang dulu plugin All In SEO Pack kedalam blog wordpress anda setelah itu aktifkan dan jalankan plugin tersebut, pastikan tidak ada plugin SEO yang terpasang didalam blog anda jika masih ada tolong dilepas dan dihapus terlebih dahulu plugin SEO lainnya.

1. General Setting

Pada bagian menu plugin All In Seo Pack silahkan anda pilih opsi general setting, dalam tahap ini kita akan menyetel beberapa settingan umumnya terlebih dahulu, samakan dan ikuti settingan plugin seperti yang telah ada pada gambar yang sudah saya sediakan dibawah ini. Pada bagian cannoical URLs anda centang opsi tersebut gunanya agar tidak terjadi duplicat content dan memberi tahu googlebot untuk tidak merayapi halaman yang memiliki judul yang sama.

setting-all-in-one-seo-pack-1

Jangan centang dan memilih opsi selain yang sudah saya instruksikan tersebut, sebab jika salah satu langkah berbeda maka hasilnya juga berbeda, pada bagian original title sengaja saya matikan dan memilih untuk mengisi langsung pada menu plugin ini.

setting-all-in-one-seo-pack-2

Centang pada bagian Schema.org Markup hal ini berguna agar googlebot lebih mudah merayapi blog anda karena memiliki schema simantik yang berbeda dengan schema blog pada umumnya.

2. Home Page Setting

Pada step kedua berikut ini anda harus mengisi judul blog serta deskripsi blog anda, tolong diingat silahkan hapus judul dan deskripsi yang ada didalam dashboard wordpress agar tidak terjadi duplicat meta judul dan deskripsi, isikan sesuai dengan jumlah maximum kata pada masing-masing kolom pengaturan.

setting-all-in-one-seo-pack-3

Jika thema yang anda pakai menggunakan static front page sebagai halaman utamanya maka anda bisa mengisinya melalu halaman yang telah anda buat untuk static front pagenya dan pilih opsinya menjadi enable tapi jika menggunakan thema bawaan pilih saja disable.

3. Title Setting

Pada bagian ini anda akan mengatur judul setiap halaman seperti halaman category, post, archive, tags dan lain-lain. Ini settingan yang sangat vital sekali jangan sampai salah langkah silahkan lihat panduannya dengan sekesama, pada bagian rewrite title silahkan pilih opsi disable dan centang pada bagian capitalized tag and search title.

setting-all-in-one-seo-pack-4

Dan pada bagian homepage title isikan seperti yang ada pada gambar diatas, dengan setelan ini maka homepage anda akan menampilkan judul dari blog anda saja tanpa ada embel-embel lain yang sangat menggangu exact match konten keyword.

setting-all-in-one-seo-pack-5

Perhatikan pada bagian post title format, silahkan anda isi sesuai dengan gambar diatas sama seperti pengaturan homepage title format, yang artinya setiap judul artikel akan berisi judulnya saja tanpa tambahan embel-embel lainnya, dan untuk settingan lainnya pada bagian ini saya biarkan default saja.

setting-all-in-one-seo-pack-6

Ini juga masih pada bagian title setting, silahkan abaikan pengaturan lainnya biarkan menjadi default jadi pada bagian ini yang settingannya berpengaruh terhadap SEO adalah homepage title dan post title selain dari itu abaikan saja.

4. Custom Post Type Setting

Pada bagian ini berguna untuk mengoptimalkan setiap halaman yang ada didalam blog anda, silahkan anda isi seperti pada gambar dibawah ini, yang akan kita optimalkan hanya pada bagian post saja selain itu biarkan menjadi default setting.

setting-all-in-one-seo-pack-7

5. Webmaster Verification Setting

Nah, ini merupakan bagian untuk memverifikasi situs anda kedalam masing-masing webmasters, silahkan anda daftar terlebih dahulu pada webmaster-webmaster tersebut lalu ambil kode verifikasinya dan masukan pada kolom tersebut sesuai dengan jenis webmasternya, kalau saya hanya memverifikasi Google dan Bing saja sedangkan untuk pinterest sengaja saya kosongkan tapi jika anda mau mengisinya tidak masalah justru lebih bagus.

setting-all-in-one-seo-pack-8

6. Google Settings

Untuk bagian ini sebenarnya hanya untuk memvalidasi kesesuaian pemiliki blog agar blog lebih mengenal branding dari situs yang anda miliki, silahkan isi seadanya saja pada bagian ini tidak terlalu penting menurut saya. Anda bisa mengisinya seperti ini.

setting-all-in-one-seo-pack-9

Pada pilihan selanjutnya anda bisa memasukan kode google analystic kedalam plugin ini, fungsinya adalah agar anda dapat mengetahui seberapa banyak peningkatan dan kinerja dari situs anda melalui google analytic mulai dari keyword, pageview dan visitor akan tetapi anda bisa mengosongkan setelan ini dan bisa menempatkan kode google analytic pada bagian index.php

setting-all-in-one-seo-pack-9

7. Noindex Settings

Inilah titik yang paling penting daripada yang lainnya, pada bagian ini kita akan menentukan halaman mana saja yang akan kita pilih untuk tidak diindex oleh Googlebot. Sedikti penjelasan pada pengaturan default maka plugin ini akan meninstruksikan googlebot untuk merayapi dan melakukan indexing pada seluruh url halaman blog, oleh sebab itu untuk menjaga kefektifan konten yang tampil pada search engine maka kita harus memilih beberapa pengaturan.

setting-all-in-one-seo-pack-11

Saya memilih agar googlebot tidak merayapi dan mengindex pada media, tags, author archive dan lainnya karena akan mengakibatkan jumlah index akan membengkak namun tidak memiliki isi yang berbobot oleh sebab itu saja hanya mengizinkan googlebot untuk melakukan indexing pada halaman posting, category dan pages saja.

setting-all-in-one-seo-pack-12

Silahkan anda perhatikan gambar diatas dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan dalam pengaturan noindex, jika salah bisa saja blog anda tidak memiliki visitor karena tidak dirayapi oleh googlebot, oleh sebab itu berhati-hatilah pada bagian ini.

setting-all-in-one-seo-pack-13

Saya pilih noindex pada bagian yang tidak penting dan tidak memiliki pengaruh yang signifikan bagi search engine dan juga visitor blog selain itu pengaturan ini juga meminimalisir adanya deteksi duplikat konten dari google webmasters tool yang dapat menyebabkan peringkat blog menjadi menurun.

setting-all-in-one-seo-pack-14

Jika anda pernah membuat satu artikel yang panjang, pastinya anda akan menggunakan fitur page break yang menyebabkan suatu artikel akan terpotong menjadi beberapa bagian halaman dan hal seperti inilah yang sering menimbulkan duplicat konten jadi kita harus mematikan index pada bagian halaman artikel tersebut selain itu kita juga telah memasang tag rel cannonical pada bagian pertama tadi.

8. Advance Setting

Wahh ini bagian terakhir, capek juga ternyata karena saya telah menulis artikel sebanyak 1000 kata lebih. Oke kita selesaikan step ini, pada bagian ini anda akan mengatur beberapa setelah lanjutan lainnya

setting-all-in-one-seo-pack-15

Ikuti seperti apa yang telah saya berikan pada gambar tersebut, centang opsi avoid using excerpt description agar tidak terjadi kesalahan saat anda menuliskan beberapa deskripsi baik itu longtail ataupun shortail description. Jangan sekali-kali mengaktifkan autogenerate description karena berdasarkan pengalaman saya plugin ini akan membuat deskripsi berdasarkan kosa kata yang terdapat didalam blog anda maka bisa berpotensi menyebabkan duplikat konten dan pada bagian paginate description juga harus anda centang sekali lagi demi menjaga blog agar tidak terjadi dupilkat konten.

setting-all-in-one-seo-pack-17

Silahkan anda centang semua opsi pada bagian ini, fungsinya adalah plugin akan membuat kata kunci otomatis untuk setiap artikel yang akan anda terbitkan dengan mengaktifkan plugin ini maka waktu anda menjadi lebih hemat dibandingkan harus mengisinya secara manual, setiap keyword yang diisi oleh plugin ini berdasarkan dari kata yang terdapat di tags dan categories jadi biarkan otomatis saja tidak masalah dan tidak terjadi duplikat konten.

Dan sampai disini anda telah menggunakan settingan All In One SEO Pack yang SEO Friendly, jika anda masih memiliki pertanyaan dan binggung terhadap tutorial yang saya berikan maka anda bisa menanyakan kepada saya pada form komentar dibawah ini maka saya akan senang sekali membantu anda untuk memberikan settingan plugin All in one SEO Pack ini agar lebih optimal dan maximal lagi.

Add Comment