Tips Setting Permalink Wodpress Yang SEO Friendly

Tips Setting Permalink Wodpress – Permalink merupakan suatu url dari artikel yang ada didalam sebuah situs biasanya judul permalink akan secara otomatif menyesuaikan dengan judul artikel yang ada akan tetapi pada beberapa platform permalink akan disetel sesuai dengan sistem default yang ada didalam blog tersebut namun banyak blogger yang tidak menyukai pengaturan default dari permalink tersebut terutama blogger yang menggunakan platform wordpress termasuk saya sendiri.

Saat pertama kali anda menggunakan wordpress self hosting maka settingan permalinknya adalah jenis plain text alias tidak menyesuaikan dengan judul artikel yang anda tulis dan jelas sekali jenis permalink yang seperti itu tidak akan menambah power SEO yang ada didalam blog wordpress anda.

Oleh karena itulah kita harus merubah struktur permalink yang terdapat didalam blog wordpress yang kita miliki agar lebih SEO friendly sesuai dengan judul artikel yang kita tulis, oke sekarang mari kita simak tutorial mudahnya untuk merubah permalink wordpress.

Secara default maka wordpress akan membuat permalink seperti ini disetiap bagian url baik itu url kategori, halaman ataupun url artikel akan disetel secara default seperti ini.

setting-permalink-wordpress-1

Bagaimana ? jelek sekali bukan tampilan dari struktur permalinknya padahal judul artikel yang dibuat tentang wisata namun url artikelnya tidak sesuai dengan judul artikel yang dibuat selain tidak SEO friendly jenis url ini bisa saja menipu penggunjung karena tidak adanya kesamaan antara judul artikel dan url permalinknya, untuk merubah permalinknya silahkan anda masuk kedalam menu setting dan pilih permalink.

Nanti anda akan menemukan beberapa macam pilihan dari struktur permalink wordpress baik itu yang menggunakan tanggal, bulan, tahun dan ada juga yang langsung menggunakan nama artikel atau postname. Sekarang kita pilih saja postname karena permalinknya akan secara otomatis menyesuaikan dengan judul artikel yang kita tulis.

setting-permalink-wordpress-2

Dulu sebelum wordpress versi 4.0 rilis kita harus memasukan sebuah kode pada bagian custom struktur untuk merubah permalink menjadi postname adapun kode yang harus dimasukan adalah /%postname%/ anda juga bisa mengkreasikan permalink dengan custom struktur lainnya misalnya seperti ini :

/%category%/%postname%/ - Kategori dan Judul Artikel
/%tags%/%category%/%postname%/ - Tag, Kategori dan Judul Artikel
/%tags%/%postname%/ - Tag dan Judul Artikel

 Ketiga jenis permalink diatas biasanya digunakan oleh blogger yang hobby bermain auto generated contect yang sangat memerlukan banyak sekali keyword yang tertanam didalam struktur permalinknya karena kita adalah blogger yang bermain manual maka gunakan postname saja.

Jika anda sudah merubah struktur permalink menjadi postname sekarang saatnya kita uji coba apakah berhasil atau tidak caranya adalah dengan membuka salah satu artikel yang ada didalam blog anda, jika penerapannya berhasil maka tampilannya akan menjadi seperti ini.

setting-permalink-wordpress-3

Yap, kini permalink anda sudah bisa menyesuaikan dengan judul artikel yang telah anda buat tadi jadi sekarang tingkat kekuatan SEO didalam blog anda lebih meningkat dan para penggunjung serta googlebot semakin mudah untuk menemukan artikel yang telah anda buat saya pribadi selalu menggunakan permalink jenis postname ini terkecuali memang ketika saya membuat blog yang harus dioptimalkan keywordnya maka settingan permalinknya saya rubah menjadi /%category%/%postname%/ .

setting-permalink-wordpress-4

Dengan menggunakan cara ini maka blog anda akan mendapatkan keyword tambahan dalam struktur permalinknya berdasarkan dari judul kategori yang ada didalam blog anda, permalink ini merupakan gabungan dari judul kategori dan judul artikel maka tampilannya juga akan berubah menjadi seperti ini.

setting-permalink-wordpress-5

Silahkan anda bandingkan sendiri perbedaan permalink diantara keduanya yang satu hanya mengandalkan judul artikel dan yang kedua menggabungkan antara judul kategori dan judul artikel silahkan anda pilih yang sesuai dengan selera anda, saran saya adalah ketika anda menulis sebuah artikel pastikan artikel tersebut sesuai dengan kategori jangan sampai anda membuat artikel tentang kesehatan tapi masuknya kedalam kategori teknologi tentunya hal ini tidak baik.

Terlebih jika anda membuat sebuah judul artikel yang sangat panjang sekali tentunya jenis permalink gambungan antara kategori dan judul artikel ini tidak tepat untuk anda terapkan untuk blog standard lebih baik gunakan jenis postname saja tapi semua tergantung anda sendiri dan tergantung dengan kebutuhan serta spesifikasi blog yang sedang anda kelola saat ini.

Add Comment