Cara Paling Mudah Setting Dan Pasang Cloudflare

Setting Dan Pasang Cloudflare – Cloudflare adalah layanan CDN gratis yang dapat anda manfaatkan untuk mempercepat serta meningkatkan keamanan situs web anda, mungkin anda pernah merasa kesal karena loading blog anda yang sangat lambat walaupun sudah melakukan beberapa teknik optimisasi belum lagi keamanan situs anda terbilang buruk pastinya hal tersebut tidak boleh dibiarkan seperti itu.

Untuk mengatasi itu semua kita bisa melakukan optimasi kecepatan dan keamanan situs menggunakan cloudflare ini, cara kerja dari cloudflare adalah dengan membuat beberapa backup atau mirror static dari bagian situs anda seperti css, javascript dan html kedalam beberapa server CDN cloudlflare yang terletak dibanyak negara.

Cloudflare akan mencari server terdekat sesuai dengan mayoritas penggunjung situs anda misalnya seperti ini jika anda memiliki blog atau situs yang dihostingkan pada server Amerika dan mayoritas penggunjung berasal dari Indonesia maka cloudflare akan melakukan caching dari server yang berada di Singapura sehingga waktu tunggu dan kecepatan situs akan semakin lebih cepat.

Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara memasang mudah memasang cloudflare, cara yang saya gunakan ini terbilang manual namun sama saja hasilnya beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah.

  • Pastikan lokasi server situs anda di USA, Eropa atau Canada.
  • Tidak direkomendasikan jika anda menggunakan server Indonesia ‘IIX’

Langkah pertama adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu di cloudflare.com silahkan anda mengisi data sesuai dengan instruksi dari cloudflare dan lakukan konfirmasi aktivasi melalui email setelah semua selesai masuk kedalam dashboard lalu pilih ‘add a site’

cara-pasang-cloudflare-1

Masukan nama domain yang ingin anda lindungi dengan cloudflare jika sudah silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan milih ‘scan my dns’ tunggu sebentar cloudflare akan mengecek ketersediaan terhadap situs anda. Jika berhasil maka akan masuk dalam tahap setting dns.

cara-pasang-cloudflare-2

Jika anda melihat gambar tersebut maka cloudflare telah menyesuaikan beberapa konfigurasi standard untuk situs anda, saran saya dalam tahap ini biarkan saja tersetting secara default.

cara-pasang-cloudflare-3

Perhatikan gambar awan berwarna orange dengan panah horizontal gambar tersebut memberitahu bahwa cloudflare akan melakukan optimisasi dengan 2 metode yaitu dns dan http proxy, ini adalah settingan standard bawaan cloudflare jadi kita biarkan saja secara default dan tidak perlu dirubah. Selanjutnya silahkan anda klik continue dan akan masuk kedalam tahap selanjutnya.

cara-pasang-cloudflare-4

Anda pasti sudah tahu apa fungsi ini, karena kita adalah blogger yang sangat hemat biaya maka pilih saja free plan dengan beberapa fitur dasar cloudflare, baik lanjut ke tahap berikutnya.

cara-pasang-cloudflare-5

Setelah anda berhasil mengatur dan memilih jenis layanan dari cloudflare, anda akan diperintahkan untuk mengganti nameserver domain yang sudah anda daftarkan tadi. Silahkan anda login kedalam control panel domain anda dan gantilah nameserver sesuai dengan nameserver yang diberikan oleh cloudflare.

cara-pasang-cloudflare-6

Setelah anda berhasil mengganti nameserver tunggulah beberapa jam agar propagansi nameserver dapat berjalan dengan baik biasanya hanya memakan waktu 30 menit tergantung dari kecepatan propangansi dari provider yang anda pakai, jika namserver belum mengarah ke cloudlflare maka tampilannya akan pending dan jika sudah berhasil mengarah ke cloudflare maka tampilannya akan berubah menjadi active.

cara-pasang-cloudflare-7

Sekarang situs atau blog anda sudah dioptimalkan kecepatan dan keamanannya menggunakan cloudflare tinggal anda rasakan saja perbedaannya dari sebelum memakai cloudflare sampai dengan sesudah memasang cloudflare jangan lupa juga untuk melakukan check scorer di gtmetrix apakah load bertambah cepat atau malah bertambah lambat ?

Saya sendiri tidak memakai layanan cloudflare ini karena pernah mengalami beberapa kejadian buruk seperti cache situs yang masih melekat sehingga ketika kita hendak melakukan perubahan pada situs atau blog kita perubahan tersebut tidak langsung terlihat hasilnya sebelum cloudflare melakukan caching kembali tentunya hal tersebut sangat merepotkan dan saya pribadi lebih memilih melakukan optimasi kecepatan dan kemanan blog secara manual dan semua pilihan ada ditangan anda semua ada kekurangan dan kelebihan.

Satu lagi tambahan jika anda menggunakan server Indonesia lebih baik jangan menggunakan cloudflare bukannya cepat malah bisa menjadi lambat, gunakan cloudflare jika situs anda berada di server USA, Eropa atau Canada yang lokasinya jauh dari Indonesia.

Add Comment