Peringkat Facebook Terus Menurun Dan Anjlok Di Alexa Rank, Apa Penyebabnya ?

Peringkat Facebook Terus Menurun – Sosial Media raksasa Facebook rupanya mengalami penurunan drastis dan terus menerus anjlok ke peringkat yang semakin rendah berdasarkan data yang diambil dari Alexa.com, Alexa merupakan situs populer untuk mengetahui keberadaan peringkat dari sebuah situs dan banyak dipakai sebagai acuan oleh banyak webmaster dan blogger diseluruh dunia.

Pada era Facebook mulai populer sekitar tahun 2010 sampai dengan 2015 peringkat Facebook hampir menyamai Google yang hanya berbeda peringkat pada posisi pertama dan kedua akan tetapi semakin kesini mengapa peringkat Facebook semakin menurun khususnya peringkat untuk pengguna di Indonesia, padahal banyak orang yang memprediksi bahwa Facebook akan menjadi sosial media abadi dan terbesar untuk pengguna Indonesia rupanya hal itu tidak selamanya benar setelah Alexa menempatkan peringkat Facebook pada posisi ke 35 ! sebagai situs yang sering dikunjungi oleh pengguna di Indonesia.

peringkat-facebook-turun-1

Dari hasil tersebut merupakan penurunan yang sangat tajam untuk Facebook dari posisi ke 2 sekarang jatuh dan anjlok ke posisi 35 bahkan peringkatnya kalah jauh dibandingkan portal berita nasional seperti detik, okezone, tribun dan lain-lain yang masih menempati urutan 10 besar dan sekarang untuk posisi 4 besar ditempati oleh Google, Google Indonesia, Youtube dan Tribunews.

peringkat-facebook-turun-2

Sebenarnya penurunan peringkat Facebook ini disebabkan oleh banyak faktor misalnya spam, kita tahu sekarang Facebook banyak sekali di isi dengan konten-konten spam yang tidak bermanfaat seperti konten dewasa, konten sensasi yang hanya mencari like belum lagi masalah yang ditimbulkan oleh akun-akun fiktif yang digunakan untuk mendukung atau memojokan individu tertentu dalam masa kampanye politik, saya rasa manajemen konten Facebook khususnya untuk pengguna Indonesia sudah tidak terkontrol lagi.

Faktor lainnya adalah kebosanan dan jenuh, saya sendiri sudah lama tidak melakukan update status, upload foto dan lain sebagainya sejak akhir tahun 2014 silam sekarang saya memanfaatkan Facebook hanya untuk berpromosi menawarkan barang atau jasa yang saya jual lebih dari itu sudah tidak saya gunakan lagi. Semakin lama pengguna juga merasa bosan dengan Facebook banyak dari mereka yang menutup atau tidak mempergunakan akunnya lagi karena berbagai alasan.

Munculnya sosial media baru juga menjadi penyebab anjloknya peringkat Facebook salah satunya adalah sosial media berbasis smartphone seperti instagram, path dan whatsapp yang dinilai lebih flexibel dan mudah untuk digunakan dibandingkan dengan Facebook walaupun Facebook juga memiliki aplikasi smartphonenya.

Pemiliki Facebook yaitu Mark Zuckerberg rupanya sudah memprediksi bahwa sosial media buatannya akan semakin ditinggalkan oleh pengguna oleh sebab itu Mark sedang gencar-gencarnya membeli banyak sekali aplikasi untuk mengatasi hal tersebut seperti membeli instagram dan whatsapp sehingga jika memang benar Facebook mulai kehilangan taringnya Mark masih memiliki cadangan platform lain.

Akan tetapi penurunan peringkat Facebook itu hanya di Indonesia saja dan saya belum melihat di negara lain terkait penurunan peringkat Facebook ini, akan tetapi peringkat Facebook di Amerika Serikat masih kokoh menempati posisi 3 besar setelah Google dan Youtube dan disusul Amazon pada peringkat ke 4 berikut gambarnya.

peringkat-facebook-turun-3

Sepertinya era Facebook masih belum berakhir melihat data seperti itu hanya saja Facebook mulai ditinggalkan dibeberapa negara seperti Indonesia contohnya dan jika kita melihat demografi pengguna berdasarkan negara Indonesia bukan lagi negara yang paling banyak mengakses Facebook.

peringkat-facebook-turun-4

Dari demografi tersebut terlihat jelas bahwa negara yang masih banyak mengakses Facebook adalah Amerika Serikat, Jepang, India, Prancis dan Inggris sedangkan Indonesia sudah tidak lagi dicantumkan pada peta demografi tersebut.

Jadi penurunan peringkat Facebook ini terjadi dengan begitu cepat dan drastis padahal untuk mengakses Facebook saat ini sudah sangat mudah bahkan gratis banyak operator seluler menawarkan layanan cuma-cuma untuk mengakses Facebook tapi kembali lagi ke faktor kejenuhan dan kebosanan pengguna di Indonesia, bahkan setelah mengetahui hal ini saya semakin takut untuk memasang iklan di Facebook karena target atau penggunanya semakin sedikit.

Jika saat ini Facebook menempati peringkat ke 35 di Indonesia estimasi jumlah penggunjung hariannya hanya sekitar 900 ribu sampai dengan 750 ribu orang saja setiap harinya bandingkan jika Facebook masih pada posisi puncaknya estimasi kunjungan perhari Facebook bisa mencapai 6 juta sampai dengan 7 juta setiap harinya itu cuman analisa saya saja untuk pastinya kita tidak tahu betul, jadi mulai sekarang manfaatkan sosial media untuk aktivitas yang lebih berguna dan bermanfaat.

Add Comment