Panduan Cara Pasang Iklan Di Facebook Ads Paling Mudah

Pasang Iklan Di Facebook – Facebook merupakan lahan yang sangat potensial untuk memasarkan suatu produk baik barang ataupun jasa, kita lihat saja berapa banyak pengguna media sosial ini ? tercatat hampir 1 milyar lebih pengguna dari seluruh dunia dan 60 juta pengguna aktif di Indonesia jadi sangat potensial sekali, mungkin jika anda bisa menarik 0,1 persen saja dari jumlah pengguna aktif di Indonesia pasti dagangan anda bisa laris.

Namun yang menjadi kendala kebanyakan orang Indonesia masih awan terhadap periklanan online ini terlebih jika media iklan yang digunakan adalah Facebook  jelas terbayang tarif yang mahal serta pembayaran yang sulit namun semua pemikiran itu tidak benar justru beriklan di Facebook sangatlah murah dan mudah saya sudah buktikan sendiri yang telah saya ulas pada artikel solusi beriklan di Facebook dengan biaya murah.

Artikel ini sedikit panjang jadi tetap fokus dan perhatikan pointnya :

Untuk langkah awal silahkan anda login ke akun Facebook anda dan pada menu bar silahkan anda cari menu ‘kelola iklan‘ atau ‘buat iklan‘ ingat jangan menggunakan pilihan boost post dari halaman fanpage sebab jika langkah awal ini sudah salah maka kedepannya juga akan salah.

beriklan-di-facebook-ads-1

Tunggu sebentar Facebook sedang menyipkan akun iklan anda untuk pertama kali, setelah semuanya selesai maka anda dihadapkan dengan dashboard pengelola iklan dan disinilah nantinya kita akan membuat, mengatur dan menyunting iklan yang akan kita jalankan, Silahkan pilih menu buat kampanye baru seperti gambar dibawah ini.

beriklan-di-facebook-ads-2

Kampanye merupakan sebutan Facebook untuk iklan yang akan anda buat nantinya, setelah itu anda akan menemukan banyak sekali opsi pilihan untuk apa iklan anda dibuat dan metode yang akan digunakan seperti apa. Untuk mempermudah kita menggunakan jenis “promosi kiriman” jadi nanti anda akan mengiklankan salah satu psoting yang ada didalam fanpage anda biaya iklan jenis ini sangat murah dibandingkan yang lain.

beriklan-di-facebook-ads-3

Nah setelah anda membuat iklan jenis “promosi kiriman” selanjutnya anda akan masuk kedalam ads editor untuk mengisi sejumlah kriteria, target dan interest yang sesuai dengan iklan anda justru pada bagian ini yang sulit dan silahkan anda kreasikan sendiri sesuai dengan selera dan tema iklan yang anda miliki mulai dari gender, negara, minat, bahasa dan lain-lain jadi tentukan target yang ingin anda jangkau.

beriklan-di-facebook-ads-4

Kalau saya sendiri bagian itu malah saya biarkan secara deafult karena saya tidak menyasar atau mentarget orang tertentu yang penting jangkauannya luas dan interaksinya banyak sebab waktu itu saya hanya mempromosikan konten dan artikel viral yang saya buat saja tentunya hal ini berbeda jika orientasi anda lebih kepada sales dan penjualan jadi kreasikan sendiri iklan anda dan sekarang masuk pada bagian penempatan iklan.

beriklan-di-facebook-ads-5

Disini anda bisa mengatur dimana saja iklan anda akan tayang seperti tayang pada kolom kanan Facebook, Feed Facebook, Instagram serta jaringan periklanan Facebook yang lain (audience network). Biasanya opsi yang tersedia hanya Facebook dan Instagram saja sedangkan untuk audience network tidak pernah muncul saya sendiri juga binggung kenapa bisa seperti itu tapi dengan 2 point ini iklan anda juga sudah cukup potensial nantinya, Lanjut pada bagian anggaran dan jadwal.

beriklan-di-facebook-ads-6

Ini juga bagian yang penting, Facebook Ads memberikan 2 opsi pilihan aggaran yaitu harian dan bulanan. Minimum untuk anggaran harian adalah Rp 10.000 -, cukup terjangkau sekali dan anggaran bulanan minimum Rp 300.000 -, untuk pemula yang baru saja memasang iklan cukup gunakan anggaran haran saja sebesar Rp 10.000 -, jika iklan sudah berjalan baik dan benar maka anda bisa menambah budget harian anda, oke lanjut lagi pada bagian kinerja iklan.

beriklan-di-facebook-ads-7

Pada bagian ini saran saya silahkan anda memilih pengoptimalan untuk ‘interaksi kiriman‘ dengan begitu Facebook akan mengoptimalkan iklan anda untuk mendapatkan klik, suka dan komentar dan pada bagian penawaran pilih saja otomatis biarkan Facebook yang menentukan berapa biaya untuk per interaksi kiriman sebab jika anda menggunakan tawaran sendiri dikhawatirkan iklan tidak berjalan dengan semestinya karena menang sistem iklan di Facebook mirip seperti lelang.

Maksdunya seperti ini, jika iklan anda merupakan iklan yang menarik maka harga otomatisnya akan murah namun jika iklan anda merupakan iklan yang sulit persaingannya maka tarif iklannya akan mahal semakin menarik dan semakin mudah dijangkau atau diminati tarif per interaksi akan murah namun jika iklannya sulit dan tidak diminati maka tarif per interaksinya mahal, oleh sebab itu sudah saya tekankan pada artikel sebelumnya buatlah iklan yang sangat menarik pengguna sehingga interaksi mudah untuk didapatkan biayanya juga murah.

Dan pada bagian ‘ketika anda ditagih’ pilihlah CPM dengan mentode ini jangkauan anda akan semakin luas dan interaksi kirimannya akan semakin banyak coba baca sekali lagi ulasan saya tentang Beriklan di Facebook Ads Dengan Biaya Murah disitu sudah saya jelaskan bagaimana saya mendapatkan biaya iklan yang murah, Selanjutnya tinggal melihat potensi jangkauan.

Jika anda sudah mengatur semua iklan yang akan anda jalankan sekarang saatnya melihat estimasi jangkauan harian iklan anda, biasanya dengan anggaran Rp 10.000 -, saya mendapatkan jangkauan harian sebanyak 7 ribu sampai dengan 10 ribu orang di Facebook dan Instagram walaupun dalam estimasi yang diberikan Facebook hanya sekitar 3 ribuan orang hal tersebut dikarenakan iklan yang saya pasang sangat menarik sehingga bisa menjangkau lebih luas dari estimasi yang diberikan Facebook.

beriklan-di-facebook-ads-8

Sampai disini anda sudah bisa memasan iklan yang akan anda jalankan nantinya dan pastikan juga anda telah memiliki saldo Facebook Ads jika belum anda bisa mengisi saldo Facebook Ads melalui rekening bank lokal nanti saya buatkan tutorialnya lagi dan langkah selanjutnya adalah pantau, pantau dan pantau ! silahkan anda amati sendiri kinerja iklan yang telah anda buat apakah efektif mendapatkan interaksi dan jangkauan atau malah sama sekali tidak ada respon ? disinilah krativitas anda harus digunakan.

Add Comment