Tips Mempercepat Loading Blog WordPress Dengan Sangat Mudah

Mempercepat Loading Blog WordPress – Jika anda memilik masalah terhadap loading dari blog yang anda miliki maka saya punya cara untuk mengatasi hal tersebut tapi khusus blog wordpress saja, tidak perlu diragukan lagi kecepatan blog merupakan standard ganda dari semua aspek SEO dan kepuasan penggunjung yang datang kedalam blog yang sedang kita kelola, apa jadinya jika loading blog berat ? sudah pasti penggunjung akan langsung lari sebelum halaman blog ditampilkan oleh browser.

Selain itu Google sebagai mesin pencari raksasa juga sangat menyukai blog atau website yang memiliki loading yang cepat dan juga mobile friendly, entah ini mitor atau rumor yang saya dengar katanya jika website memiliki loading yang berat maka Googlebot akan sulit merayapi blog tersebut yang pada akhirnya akan menjatuhkan posisi serp dari blog itu sendiri pada pencarian Google tentunya kita tidak pernah mau hal itu terjadi, oleh karena itulah kita harus mengoptimalkan loading blog wordpress yang kita miliki.

Terus terang saya mendapatkan trik ini bukan berdasarkan tutorial di Internet tapi murni saya coba dan coba pada blog saya yang lain dengan prinsip ‘trial dan error‘ akhirnya saya menemukan jurus yang terbilang cukup ampuh untuk mempercepat loading blog wordpress yang saya miliki.

Berikut tutorial mudahnya, silahkan disimak baik-baik jangan sampai ada yang tertinggal dan hal yang harus disiapkan adalah :

Silahkan anda install semua plugin tersebut, jika sudah anda install berarti kita bisa mulai untuk mengoptimalkan loading wordpress kita menjadi lebih cepat dari sebelumnya, pada langkah yang pertama silahkan anda buka plugin Wp fastest cache yang sudah anda install tadi lalu samakan dengan pengaturan saya ini.

mempercepat-loading-blog-wordpress-1

Fungsi dari semua pengaturan tersebut adalah untuk mengecilkan dan mengkompres beberapa bagian dari css, html dan juga javascript serta terdapat fitur Gzip yang dapat anda gunakan tanpa harus login kedalam cPanel hosting anda, ingat jangan mencentang opsi cache jika anda tidak mau tampilan blog anda menjadi rusak cukup lakukan itu saja, oke sekarang lanjut pada plugin kedua silahkan buka plugin Wp autoptimize

Pada bagian HTML dan Javascript options silahkan anda centang sesuai dengan setting saya berikut ini dengan memilih ‘show advance setting‘ terlebih dahulu.

mempercepat-loading-blog-wordpress-2

Jika sudah masuk pada pengaturan berikutnya pada opsi CSS Options, fungsi dari menu ini adalah untuk memperkecil ukuran css yang terdapat pada blog wordpress sebenarnya sama saja dengan fitur kompresi dari wp fastest cache tadi tapi tetap saya hidupkan jadinya doble kompresi biar lebih cepat loadingnya.

mempercepat-loading-blog-wordpress-3

Silahkan samakan opsinya dengan pengaturan yang saya miliki kalau anda ingin sedikit lebih extrime silahkan aktifkan saja opsi ‘Inline and defer CSS‘ opsi tersebut akan melakukan kompresi secara lengkap dan penuh saya tidak aktifkan fitur tersebut karena theme wordpress yang saya gunakan tidak cocok dan hasilnya berantakan. Selanjutnya kita akan aktifkan fitur cache ! cukup selangkah saja untuk mengaktifkan fitur ini.

mempercepat-loading-blog-wordpress-4

Dengan melakukan cara ini dengan benar maka kecepatan blog wordpress anda akan meningkat 40% lebih cepat dari sebelumnya, saya sudah coba dan buktikan sendiri hasilnya yang tadinya pada Gtmetrix diberi score D sekarang naik 2 kali lipat menjdi B cukup lumayan bukan hasilnya sebenarnya bisa saja menjadi A mungkin ada faktor lain dan akan saya bahas nanti tapi simak dulu hasilnya pada blog saya ini.

mempercepat-loading-blog-wordpress-5

Itu screenshot yang saya ambil sebelum menggunakan cara ini dan hasilnya parah sekali total ukuran blog sekitar 600 kilobyets hampir menginjak angka 1 megabyets, pantas saja loadingnya lumayan berat saya pikir karena memang hostingnya yang lelet atau koneksi saya yang lemot tapi ternyata memang tampilannya yang bikin lelet. Dan ini hasil dari penerapan cara ini, mengingkat 2 kali lipat menjadi B versi GTmetrix.

mempercepat-loading-blog-wordpress-6

Sebenarnya score bisa saja menjadi A jika saya melakukan kompresi yang lebih gila lagi tapi demi kenyamanan dan keindahan blog maka tidak saya lakukan itu, jika saya melakukan itu taruhannya adalah tampilan blog ini akan menjadi acak-acakan dan anda harus mengetahui ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kecepatan blog anda contohnya adalah :

  • Kualitas hosting yang anda gunakan.
  • Jenis webserver yang digunakan pada hosting tersebut ( Apache, Nginx, Varnish atau Litespeed )
  • Harddisk drive yang ada pada hosting tersebut ( Pure SSD, HDD atau malah campuran dari keduanya )
  • Lokasi server, yang jelas cepat adalah Indonesia dan Singapore jika diakses dari dalam negeri.

Untuk plugin Wp optimize cukup anda gunakan seminggu sekali saja, fungsi dari plugin tersebut untuk mengecilkan ukuran sql yang tersimpan diserver hosting dan juga untuk membersihkan sisa sampah yang tersimpan dalam engine wordpress.

Nah mungkin itu yang bisa saya sampaikan, jika anda berkata mengapa saya tidak memakai wp total cache atau wp super cache saja ? jawaban saya adalah pengaturan dari kedua plugin tersebut repot dan resikonya juga banyak bahkan ada salah satu member dari forum internet marketing gara-gara memakai wp total cache blognya disuspend oleh penyedia hosting dikarenakan memberatkan kinerja hosting yang ia pakai, niat untuk mempercepat malah terkena suspend.

Add Comment