Cara Membuat Subdomain Melalui cPanel Hosting

Membuat Subdomain – Fungsi subdomain sangatlah banyak bisa digunakan untuk membuat banyak blog sekaligus dalam satu panel hosting selain itu dengan menggunakan subdomain maka anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli domain baru, saya sendiri jika ingin membuat blog yang lain atau hanya untuk membuat blog uji coba maka saya hanya menggunakan subdomain dari domain utama yang saya miliki.

Selain itu penggunaan subdomain juga terkesan sangat simple dan ringkas tidak perlu repot setting ini itu, tapi yang perlu diingat jangan pernah memakai subdomain untuk blog yang digunakan sebagai moneysite cukup gunakan subdomain untuk blog uji coba atau split test untuk menghemat biaya dan anggaran anda, baik silahkan disimak tutorialnya. Pada kali ini saya menggunakan cPanel sebagai medianya, mungkin langkah tampilan akan berbeda jika hosting anda memakai control panel jenis lain.

Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini :

membuat-subdomain-1Silahkan anda pilih menu ‘subdomain‘ yang terdapat didalam control panel hosting anda lihat gambar diatas itu merupakan menu subdomain yang ada di hosting yang menggunakan cPanel selanjutnya anda akan masuk dalam tahap pengisian nama subdomain baru.

membuat-subdomain-2Pada kolom subdomain silahkan anda masukan nama subdomain yang diinginkan bebas dan boleh apa saja misal anda membuat subdomain untuk halaman admin maka boleh anda isi sebagai admin dan pada kolom selanjutnya yang merupakan kolom domain utama anda bisa memilih subdomain dari domain utama anda misalnya seperti admin.domainutama.com pada bagian root dokumen biarkan saja nanti akan terisi secara otomatis.

Lalu klik tombol buat dan tunggu sebentar biasanya memerlukan waktu 25 detik saja dan sampai disini anda telah membuat subdomain yang anda inginkan, jika ingin membuat banyak subdomain silahkan ulangi langkah tersebut tapi tergantung juga seberapa banyak pihak hosting membolehkan anda membuat subdomain.

membuat-subdomain-3

Maka dengan demikian anda telah menghemat sebagaian uang anda dan tidak perlu membeli extensi domain baru, cara ini selalu saya terapkan untuk membuat sebuah blog uji coba jadi sangat tepat untuk membuat atau mempraktekan sebuah tutorial sebelum anda menerapkannya pada blog utama anda jadi blog uji coba dulu yang dikorbankan barulah jika semuanya beres tinggal diterapkan ke blog utama.

membuat-subdomain-4

Satu hal yang paling penting untuk anda jangan pernah memberikan akses atau membuat subdomain untuk orang lain sebab jika subdomainnya digunakan untuk hal yang merugikan maka domain utama anda juga akan terkena dampak buruknya, contohnya jika ada seseorang yang memakai sudomain dari domain anda untuk keperluan blog agc maka domain utama anda juga akan terkena dampaknya, kalau tidak percaya silahkan coba sendiri.

Oleh sebab itu saya sudah wanti-wanti dari awal gunakan subdomain hanya untuk uji coba saja seperti edit template misalnya jangan digunakan untuk aktivitas blogging apa lagi didaftarkan ke webmaster kecuali anda memang benar-benar membutuhkan subdomain tersebut sebagai media pendukung seperti membuat forum dari domain utama maka hal tersebut tidak masalah.

Add Comment