Cara Mudah Membuat Logo Menggunakan Inkscape

Membuat Logo Menggunakan Inkscape – Mungkin masih banyak dari anda yang belum mengenal inkscape sebagai software vector grafis hal itu dikarenakan sampai saat ini coreldraw dan photoshop masih menjadi nomor satu untuk urusan desain grafis seperti ini. Saya sendiri sebelum mengenal inkscape beberapa tahun lalu masih menggunakan coreldraw sebagai alat untuk merancang sebuah desain yang paling saya favoritkan.

Akan tetapi setelah saya mengenal inkscape saya mulai jatuh cinta dan terbiasa menggunakan software ini, inkscape merupakan aplikasi open source yang dapat digunakan secara gratis oleh semua orang berbeda dengan coreldraw yang harganya sangat mahal, walaupun gratis fitur serta manfaat dari inkscape ini tidak perlu ditanyakan lagi. Penggunaan dan juga cara oprasionalnya mirip sekali dengan coreldraw bahkan aplikasi ini terbilang lebih ringan dibandingkan coreldraw dan juga ukurannya sangat kecil yaitu sekitar 50 Mb saja.

Oke untuk permulaan sekarang kita akan mencoba membuat logo menggunakan aplikasi inkscape ini, caranya cukup mudah mungkin anda yang sudah pernah menggunakan coreldraw akan lebih paham penggunaannya sebelum memulai pastikan anda memenuhi syarat berikut :

  • Sudah memiliki ide tentang desain logo yang akan dibuat.
  • Sudah memasang aplikasi inkscape jika belum bisa download dari situs resminya¬†Disini

Pada tahap pertama tentunya anda harus membuka aplikasi inkscape terlebih dahulu, setelah terbuka anda bisa langsung membuat logo dari paper yang sudah tersedia secara default atau anda bisa membuat halaman baru.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-1

Setelah membuat halaman kerja baru selanjutnya anda harus menentukan dan mengatur ukuran dari halaman kerja anda tersebut, caranya adalah dengan memilih menu berkas dilanjutkan dengan memilih opsi properti dokumen.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-2

Silahkan anda tentunkan sendiri ukurannya, jangan lupa untuk merubah skala ukuran dalam satuan pixel karena disini kita hanya memuat sebuah logo untuk digunakan pada blog atau website jika anda menginginkan ukuran lebih besar lagi bisa anda rubah menjadi meter, inc atau ukuran lainnya yang jauh lebih besar.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-3

Cara sederhana untuk membuat logo adalah menggunakan text tool, coba perhatikan gambar diatas anda bisa membuat logo menggunakan tulisan oleh sebab itu jika ingin logonya terlihat bagus maka anda perlu mencari font yang bagus pula, silahkan anda ketikan nama dari logo yang ingin anda buat.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-4

Selanjutnya untuk memasukan warna pada logo tulisan tersebut anda hanya perlu memilihnya dari menu warna perhatikan gambar diatas dengan seksama disitu ada banyak sekali pilihan warna silahkan anda pilih yang sesuai dengan keinginan anda.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-5

Untuk tambahnnya maka kita bisa membuat kotak sebagai tambahan iconnya, silahkan anda pilih menu ‘membuat segi empat’ yang memiliki icon kotak seperti gambar diatas. Nah untuk merubah bentuknya silahkan anda geser dan seret saja dari masing-masing ujung sudut kotak tersebut secara default akan membentuk rounded corner sudut tajam menjadi tumpul.

Seletah anda berhasil membuat logo menggunakan tulisan dan tambahan iconnya sekarang tinggal anda gabungkan saja dengan cara menyeleksi dan menyeret dari beberapa element tersebut caranya tinggal anda arahkan mouse anda ke dalam element tersebut dan klik lalu seret sesuaikan posisinya sesuai dengan keinginan anda.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-6

Sekarang sudah selesai dan kita akan menyimpan logo tersebut dengan format extensi .png caranya adalah dengan memilih opsi ‘export PNG image’ dan setelah anda memilih opsi tersebut maka anda akan menemukan kotak dialog baru untuk mengatur lokasi penyimpanan dan ukuran dari logo tersebut.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-7

Silahkan anda sesuaikan dengan ukuran yang anda inginkan dan juga jangan lupa untuk mengatur lokasi penyimpanan setelah semuanya selesai lanjutkan dengan memilih opsi ekspor maka logo anda sudah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan, seperti ini hasilnya.

membuat-logo-menggunakan-inkscape-8

Seperti itulah logo yang sudah berhasil dibuat, pada tutorial kali ini saya tidak menggunakan cara yang sulit karena menang panduan ini saya buat hanya untuk pemula sehingga mudah untuk dipahami dan diterapkan apalagi buat anda yang baru mengenal inkscape pastinya belum terlalu familiar dengan cara penggunaannya.

Untuk membuat logo yang bagus maka anda harus memiliki jenis font yang bagus pula, misal anda ingin membuat grafiti maka anda hanya perlu mencari font grafiti saja nanti tinggal anda buat tulisannya menggunakan inkscape untuk mencari font yang bagus anda bisa menggunjungi situs-situs penyedia font gratis seperti dafont, urbanfont dan fontspace disana anda bisa mencari banyak sekali pilihan font gratis.

Menurut saya secara garis besar tidak ada perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dengan coreldraw semua fitur dasar hingga menengah sudah ada di dalam aplikasi ini jadi sejak saya mengenal inkscape saya sudah tidak menggunakan coreldraw sebagai alat untuk membuat desain karena terbilang terlalu berat dan rumit terkecuali memang jenis desainnya benar-benar rumit seperti arsitektur barulah menggunakan coreldraw jika hanya membuat logo biasa gunakan saja aplikasi inkscape ini.

Add Comment