Cara Membuat Blog WordPress Menggunakan Subdomain

Membuat Blog WordPress Menggunakan Subdomain – Membuat blog baru menggunakan subdomain adalah cara yang sangat tepat dan hemat beruntung sekali jika anda adalah seorang user yang menggunakan wordpress self hosting yang disandingkan dengan control panel hosting maka anda dapat leluasa untuk memanajemen blog wordpress yang anda miliki, cara seperti ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat sebuah blog percobaan yang digunakan untuk belajar saja.

Jadi pada tutorial kali ini saya anggap anda sudah mengetahui bagaimana caranya membuat subdomain, jika belum tahu caranya silahkan baca artikel saya tentang Membuat Subdomain Melalui Control Panel sudah saya tulis lengkap disitu dan jika sudah paham tentang cara membuat subdomain sendiri berarti anda telah memilik sebuah subdomain yang akan dibuat menjadi blog berbasis wordpress.

Sebelum mulai pada tahap selanjutnya pastikan anda telah memenuhi beberapa syarat berikut ini demi kelancaran anda membuat blog menggunakan subdomain :

  • Telah membuat dan memiliki subdomain.
  • Pastikan jumlah space mencukupi untuk memasang engine wordpress.
  • Jumlah atau limit mysql masih ada tergantung hosting yang anda pakai.

Langsung saja pada tahapan pertama silahkan anda login kedalam cPanel hosting anda, setelah itu cari installasi script bisa softaculous, fantastico atau yang lainnya tapi pada tutorial kali ini saya menggunakan softaculous auto installer mungkin tampilan akan sedikit berbeda jika anda menggunakan installer lain tapi caranya dan langkahnya sama persis.

membuat-blog-wordpress-menggunakan-subdomain-1

Setelah memilih softaculous selanjutnya anda akan menemui banyak sekali macam script yang bisa dipasang seperti wiki, drupal, jomla dan phpbb tapi karena tujuan kita adalah membuat blog wordpress maka carilah menu installasi wordpress jika sudah ketemu silahkan anda amati berapa spec minimum untuk membuat blog tersebut sekiranya masih cukup tidak dengan kapasitas hosting yang anda miliki.

membuat-blog-wordpress-menggunakan-subdomain-2

Setelah memilih wordpress anda akan dihadapkan pada form pendaftaran yang mencangkup nama blog, deskripsi blog alamat, username dan pasword serta domain yang akan dipasangkan nantinya. Silahkan anda lengkapi terlebih dahulu semua persyaratan tersebut. Note ! pada form itu terdapat bagian wp directories secara default akan terisi wp_ saran saya hapuslah kata tersebut dan biarkan menjadi kosong.

membuat-blog-wordpress-menggunakan-subdomain-3

Pada gambar diatas saya membuat blog untuk halaman author atau admin maka saya pilih subdomain author.idtutorial.net pada protocol http tanpa www tapi terserah anda ingin pakai www atau tidak jika anda memakai www maka alamat subdomain akan menjadi panjang saran saya mending tidak usah dipakai saja.

membuat-blog-wordpress-menggunakan-subdomain-4

Nah ini yang penting silahkan anda buat username dan password yang unik bisa anda kombinasikan dengan angka dan huruf kapital, menjaga keamanan blog itu penting walaupun hanya sekedar blog sampingan alias bukan blog utama dan pada kolom permintaan email silahkan isi bebas yang penting emailnya masih aktif dan bisa digunakan hal ini berguna jika suatu saat anda lupa password atau kehilangan akses kedalam blog anda.

membuat-blog-wordpress-menggunakan-subdomain-5

Dan sampai disini saya ucapkan selamat blog anda tinggal selangkah lagi, silahkan anda klik install dan tunggu hingga proses installasi berjalan sampai selesai dengan demikan anda sudah memiliki blog baru menggunakan subdomain yang telah anda buat tadi, perihal pengoprasiannya sama persis dengan blog utama hanya saja yang membedakan hanya pada alamatnya saja jika blog utama menggunakan domain maka blog yang baru anda buat tadi menggunakan subdomain.

Sangat mudah sekali bermain wordpress self hosting awalnya saya kira sulit tapi ternyata mudah juga asalkan anda telah memilik basic pedoman sebagai blogger dan setelah blog anda sudah jadi sekarang saatnya memasang plugin dan mulai menulis apa saja yang ingin anda tulis, saya rasa cukup sekian tutorial yang saya berikan jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah, semoga bermanfaat.

Add Comment