Cara Memasang Favicon Di Blog WordPress Dengan Mudah

Memasang Favicon Di Blog WordPress – Untuk merubah blog wordpress yang kita miliki agar terlihat lebih professional dan bagus dalam segi desain maka kita harus memasang sebuah favicon, favicon merupakan sebuah logo kecil yang berada akan muncul pada tab browser lokasinya berada disamping kiri dari judul blog atau judul artikel. Blog tanpa menggunakan favicon rasanya bagai gula tanpa garam tidak ada menariknya sama sekali.

Oleh sebab itulah kita memasang favicon, selain itu manfaat dari memasang favicon ini adalah untuk meningkatkan nilai branding logo dari sebuah blog dan website jadi intinya dengan memasang favicon situs atau blog kita akan lebih terlihat memiliki branding yang professional oke sekarang kita langsung masuk kedalam tutorial mudahnya. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan membuat favicon menggunakan plugin saja sebab jika harus edit kode secara manual ditakutkan ada beberapa orang yang tidak berhasil.

Karena sebab itulah saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan plugin saja agar lebih cepat dan mudah, beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum memasang favicon di wordpress.

  • Favicon dengan ukuran 64×64 pixel atau 32×32 pixel jangan terlalu kecil sebab hasilnya akan menjadi pecah nantinya.
  • Format favicon harus png, ico atau jpg saya rekomendasikan png saja agar lebih bagus hasilnya.
  • Plugin All In One Favicon.

Pada langkah pertama silahkan anda pasang dulu plugin AIO Favicon dari directory wordpress pastikan plugin tersebut merupakan buatan technotronic sebab banyak sekali plugin yang mirip dengan ini jadi jangan sampai salah pasang, selanjutnya install seperti biasa.

memasang-favicon-di-blog-wordpress-1

Setelah selesai dipasang lalu aktifkan dan masuk pada menu pengaturan, nanti anda akan melihat dua bagian yaitu backend setting dan frontend setting, pilih pada bagian frontend setting dan selanjutnya arahkan cursor anda ke bagian PNG frontend karena disini saya akan memasang favicon menggunakan extensi PNG. Silahkan sesuaikan dengan jenis extensi favicon yang telah anda buat baik itu PNG, ICO atau JPG.

memasang-favicon-di-blog-wordpress-2

Silahkan pilih sendiri favicon yang akan anda pasang diblog anda bisa browser all langsung dari komputer anda, setelah memilih icon yang akan dipasang klik saja save setting.

memasang-favicon-di-blog-wordpress-3

Jika berhasil maka tampilannya akan seperti pada gambar diatas, biasanya kalau tidak muncul seperti pada tampilan diatas tandanya anda salah dalam memilih extensi gambar yang akan dipasang jadi silahkan dicek ulang dan selanjutnya klik save changes dan tunggu sekitar 15 detik agar plugin bisa mensinkronisasikan favicon dengan baik.

memasang-favicon-di-blog-wordpress-4

Jika berhasil maka favicon akan muncul pada browser tabs disamping judul homepage atau judul posting anda seperti gambar diatas dan selamat sekarang blog anda sudah terpasang favicon sesuai dengan selera yang anda inginkan, perlu anda perhatikan biasanya jika favicon tidak muncul itu disebabkan oleh ukuran favicon yang terlalu besar jadi jangan melebihi batas ukuran favicon pada umumnya yaitu 64×64 pixel atau 32×32 pixel, jika terlalu kecil maka gambar akan menjadi pecah.

Plugin ini merupakan plugin favicon favorit saya sebab favcion yang terpasang bisa ditampilkan disemua browser tanpa kecuali berbeda jika kita memasangnya secara manual ada yang tampil di chrome namun tidak tampil dan firefox intinya plugin favicon ini 99% browser  compability.

Add Comment