Tips Mematikan Atau Disable Auto Update WordPress

Mematikan Atau Disable Auto Update WordPress – Salah satu kelebihan wordpress dibandingkan CMS blog lainnya adalah fitur auto updatenya yang dibilang sangat real time, ketika wordpress meluncurkan versi terbarunya maka secara otomatis blog wordpress anda akan melakukan auto update ke versi yang paling baru tersebut hal ini tentunya bisa menghemat penggunaan waktu dan sangat flexibel sekali.

Sayangnya banyak para blogger termasuk saya sendiri tidak menyukai fitur ini walaupun kegunaannya sangat banyak sekali seperti peningkatan performa, keamanan dan tambahan fitur baru akan tetapi banyak juga hal negatifnya misalnya tampilan blog akan hancur berantakan jika terjadi kegagalan update, banyak plugin yang mati karena tidak cocok dengan versi baru dan beberapa settingan yang sudah kita lakukan akan kembali ke semula seperti settingan default.

Itulah yang menjadi beberapa pertimbangan blogger untuk mematikan fitur auto update wordpress ini, walaupun demikian kita masih bisa melakukan update ke versi terbaru secara manual yang jauh lebih aman karena sebelum melakukan update pastikan kita menyiapkan backup jika terjadi error dan kerusakan, baiklah langsung saja ke tahap pengaturannya.

Pada tutorial kali ini terdapat 2 cara mudah yaitu dengan cara manual dan juga dengan menggunakan plugin hasilnya akan sama saja, cara pertaman dengan metode manual adalah sebagai berikut :

disable-auto-update-wp-1

Silahkan anda login kedalam cpanel hosting anda lalu masuk kedalam direktori root dan carilah file wp-config.php biasanya terdapat pada direktori root public_html setelah menemukan file tersebut silahkan pilih opsi edit atau kode editor setelah itu copy kode berikut ini.

define( 'WP_AUTO_UPDATE_CORE', false );

┬áKode tersebut berfungsi untuk mematikan auto update dari mesin wordpress sehingga auto update terhadap plugin dan tema tidak akan terpengaruh, setelah itu silahkan anda pastekan kode tersebut dibawah define( ‘wp_nonce_salt seperti gambar dibawah ini.

disable-auto-update-wp-2

Selanjutnya tinggal anda simpan saja pengaturan tersebut maka anda telah berhasil mematikan fitur auto update wordpress sehingga ketika ada update terbaru blog wordpress anda tidak bisa melakukan update otomatis tanpa adanya izin dari anda selaku administrator.

Sekarang kita lanjut ke metode kedua dengan menggunakan plugin disable all wp update, cara ini terbilang sangat extreme sekali karena semua fitur auto update akan dimatikan total baik itu auto update untuk mesin wordpress, plugin dan tema semuanya akan dimatikan total, langkah pertama anda cari dulu pluginnya.

disable-auto-update-wp-3

Plugin tersebut buatan thomas griffin setelah ketemu langsung saja install dan aktifkan pluginnya, setelah semuanya aktif maka secara otomatis plugin tersebut akan mematikan semua fitur auto update yang terdapat didalam blog wordpress anda.

disable-auto-update-wp-4

Anda tidak perlu melakukan pengaturan terhadap plugin tersebut karena memang semuanya akan berfungsi secara otomatis, setelah anda menggunakan metode kedua yaitu dengan menggunakan plugin jangan heran kalau blog anda menjadi sepi dari notifikasi pembaruan yang biasanya sering sekali muncul.

Saran saya jika anda menggunakan plugin tersebut lakukanlah evaluasi dan monitoring setiap sebulan sekali dengan cara menonaktifkan plugin tersebut dan melihat apa saja yang harus anda update, jangan sampai anda lupa untuk melakukan update secara berkala terhadap blog anda karena hal tersebut bisa menyebabkan usangnya atau rentannya blog anda terhadap serangan malware, cracker dan tindakan peretasan.

Update wordpress itu perlu dan wajib untuk dilakukan akan tetapi caranya dengan menggunakan metode manual untuk menghindari error atau troubleshot yang nanti akan terjadi, jika anda menggunakan hosting yang memiliki koneksi server yang stabil dan juga memiliki fitur auto backup harian saran saya aktifkan saya fitur update otomatis tersebut namun jika anda memakai vps atau shared hosting dengan fitur standard yang tidak memiliki backup harian jangan sekali-kali mengaktifkan auto update.

Add Comment