Cara Test Kecepatan Loading Blog Menggunakan GTMetrix

Test Kecepatan Loading Blog Menggunakan GTMetrix – Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara test kecepatan blog menggunakan Google PageSpeed Insights dan saya juga pernah menjelaskan kepada anda bagaimana cara mempercepat loading blog khususnya wordpress. Sekarang mari coba penilaian speed website atau blog anda berdasarkan test dari GTMetrix sebenarnya tidak ada yang berbeda dibandingkan dengan Google PageSpeed Insight hanya saja GTMetrix lebih populer dan lebih dahulu dikenal oleh para blogger diseluruh dunia.

Proses penilaian dan pemberian skor dari GTMetrix ini berdasarkan dari kualitas server, pengelolaan html, javascript dan css tidak ada yang berbeda sama sekali jika dibandingkan penilaian PageSpeed Insight milik Google hanya saja saya lebih prefer dan mengandalkan tools ini untuk melihat seberapa baik kecepatan blog yang saya kelola saat ini dan ini juga bisa menjadi acuan terhadap kualitas SEO dari segi kecepatan situs yang anda miliki.

GTMetrix sering dijadikan acuan oleh para web developer guna melihat kecepatan situs yang mereka buat, bahkan jika hasilnya baik versi GTMetrix mereka tidak segan untuk menampilkan hasilnya sebagai bahan untuk menambah nilai jual, silahkan anda lihat sendiri developer theme wordpress kebanyakan memakai GTMetrix sebagai acuan dari kecepatan loading theme yang mereka buat oleh sebab itulah hasil dari GTMetrix juga tidak bisa dianggap remeh.

Sekarang untuk melihat seberapa cepat blog anda berdasarkan penilaian GTMetrix anda bisa langsung membuka situsnya di gtmetrix.com lalu isi kolom dengan alamat url blog yang ingin anda test kecepatannya.

cara-test-kecepatan-blog-wordpress-menggunakan-gtmetrix-1

Setelah anda memasukan alamat blog anda selanjutnya tinggal klik ‘analyze‘ dan tunggu sebentar, GTMetrix akan mencoba untuk menganalisa dan menentukan skor yang tepat untuk blog anda tersebut.

cara-test-kecepatan-blog-wordpress-menggunakan-gtmetrix-2

Biasanya proses pengujian ini juga tergantung dari ukuran blog yang anda miliki, semakin banyak atau semakin berat ukuran dari blog anda maka prosesnya juga semakin lama ditambah lagi GTMetrix menggunakan server yang berlokasi di kanada yang mengakibatkan web yang berlokasi di Indonesia pasti akan lebih lama proses analisanya.

cara-test-kecepatan-blog-wordpress-menggunakan-gtmetrix-3

Jika sudah selesai maka akan tampil hasil seperti gambar diatas, blog saya ini mendapatkan grade A dengan skor pagespeed sebesar 98% namun untuk skor Yslow mendapatkan grade C sebesar 75%, menurut saya ini merupakan hasil yang cukup baik untuk blog yang memiliki topik tutorial yang dimana memakan banyak sekali gambar pada setiap artikel dan postingannya.

Anda juga harus memperhatikan penilaian situs seperti ini juga dipengaruhi dari kualitas server atau hosting yang sedang anda pakai sekarang, dulu sebelum saya menggunakan hosting namecheap dan masih menggunakan server Indonesia hasil grade dari GTMetrix adalah D namun setelah saya pindahkan ke namecheap yang memiliki server di Amerika skor langsung naik drastis menjadi A dan inilah pentingnya dalam memilih hosting ataupun lokasi servernya semuanya saling berkesinambungan.

Add Comment