Cara Membuat Watermark Logo Menggunakan Photoscape

Cara Membuat Watermark Logo – Watermark berfungsi sebagai tanda milik atau hak cipta dari pemilik gambar tersebut, para photograper atau desainer sering membuat watermark disetiap hasil karyanya untuk menghindari klaim dan plagiatrism dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab jadi watermark sangat berguna untuk mencegah dan menghindari pembajakan pada gambar dan foto yang kita milik.

Saya sendiri menggunakan watermark disetiap foto yang telah saya buat dan saya hasilkan sendiri untuk mengindari adanya pembajakan, terlebih blog saya ini merupakan blog yang membahas tutorial jadi sudah pasti disertai gambar yang banyak pada setiap artikel dan postingannya dan sekarang saya akan membagikan tips bagaimana cara membuat watermark dengan sangat mudah dan anda hanya membutuhkan aplikasi editor bernama photoscape.

Untuk memulai cara membuat watermark yang anda butuhkan adalah sebuah logo yang nantinya akan anda taruh di dalam setiap gambar dan foto yang ingin anda beri watermark, pada langkah pertama tentu saja anda harus memasang aplikasi photoscape terlebih dahulu jika anda sudah punya mari kita lanjutkan tutorialnya.

Setelah memasang aplikasi photoscape silahkan anda buka aplikasi tersebut dan silahkan anda masuk ke dalam menu editor gambar dan pilih foto atau gambar yang ingin anda beri watermark.

cara-membuat-watermark-1

Dan setelah anda memilih sebuah gambar anda bisa melihat sekumpulan pengaturan yang ada di dalam menu editor tersebut, karena kita hanya sekedar membuat watermark maka anda bisa memilih opsi objek dan pilih pada bagian foto.

cara-membuat-watermark-2

Setelah anda memilih opsi tersebut langkah selanjutnya adalah anda harus mencari logo yang ingin anda jadikan sebagai watermark, seperti yang sudah saya bilang barusan bahwa anda harus menyiapkan logo sebelum membuat watermark.

cara-membuat-watermark-3

Gambar diatas menunjukan bahwa logo sudah berhasil dijadikan sebagai watermark dan untuk mempercantik tampilan watermarknya agar sinkron dengan gambar maka anda harus mengatur opasiti dan ukuran dari logo anda tersebut, pada bagian opasitis anda masukan nilai 100 supaya tampilannya sedikit transparan.

Setelah anda berhasil mengatur opasiti atau transparansi logo selanjutnya anda bisa mengatur penempatan watermark caranya tinggal anda geser saja logo tersebut ke tempat yang sekiranya cocok dan jangan lupa mengubah ukuran dari logo tersebut tapi ingat jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil lalu klik save as.

cara-membuat-watermark-4

Gambar diatas merupakan gambar yang sudah saya berikan watermark dan jika sudah seperti ini kemungkinan gambar untuk dicuri oleh seseorang juga sangat kecil sekali karena kita telah menempatkan watermark sebagai klaim hak cipta dari hasil karya kita sendiri.

Sebenarnya membuat watermark itu sangat mudah anda tidak perlu menggunakan aplikasi editor gambar seperti photoshop atau lightroom cukup gunakan photoscape saja yang lebih ringan dan mudah digunakan untuk hasilnya juga lumayan bagus tergantung dari krativitas anda sendiri dalam membuat dan menempatkan sebuah watermark.

Add Comment