Cara Membuat Htaccess Untuk WordPress Di Cpanel

Membuat Htaccess Untuk WordPress – Mungkin banyak yang bertanya apa pentingnya dan apa manfaat dari htaccess ini ? htaccess merupakan file konfigurasi yang disediakan oleh web server jenis apache untuk mengatur izin serta akses masuk ke sebuah situs atau blog, keberadaan htaccess ini sangat vital sekali untuk keamanan sebuah blog terutama blog yang berbasis CMS WordPress dengan memasang htaccess kita bisa mengontrol seluruh keamanan terhadap blog yang kita miliki.

Komponen dari htaccess ini wajib untuk dipasang dan dikelola dengan baik oleh masing-masing webmaster jangan sampai kecolongan karena telah menghapus file htaccess tersebut, biasanya saat pertama kali kita menginstall wordpress file htaccess ini sudah tersedia secara default akan tetapi masih banyak juga blog yang belum memiliki file htaccess ini oleh sebab itu jika anda belum memiliki file htaccess maka anda harus membuatnya secara manual.

Tapi sebelum memulai untuk membuat htaccess anda harus mengetahui beberapa syarat berikut ini agar file htaccessnya dapat berjalan dengan baik.

  • Webserver hosting anda berjenis Apache atau Litespeed.
  • Jika Webserver hosting anda bukan Apache atau Litespeed kemungkinan besar bisa berjalan tapi kurang maksimal.

Untuk mengetahui tentang permasalahan teknis diatas sebaiknya anda menghubungi pihak hosting yang anda pakai agar menemukan jawaban dan solusinya, baiklah langsung saja untuk tahap pertama silahkan anda buka notepad terlebih dahulu.

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

 Setelah anda membuka notepad, silahkan anda copy dan paste kode yang sudah saya berikan diatas. Kode tersebut merupakan kode konfigurasi dasar untuk wordpress karena memang settingan defaultnya seperti itu.

membuat-htaccess-di-wordpress-1

Setelah anda meletakan kode htaccess tersebut ke dalam notepad sekarang tinggal simpan saja kode tersebut ke dalam format .htaccess caranya adalah dengan menyimpan dengan format ‘all files‘ dan berikan nama berupa .htaccess

membuat-htaccess-di-wordpress-2

Sekarang anda sudah memiliki file htaccess selanjutnya tinggal mengupload ke dalam directory wordpress anda, silahkan buka cpanel hosting anda masuk ke dalam file manager dan pilih directory wordpress yang ingin anda pasangkan htaccess.

membuat-htaccess-di-wordpress-3

Pastikan letak pemasangannya tidak keliru sebab jika keliru sudah pasti file htaccessnya tidak mau berjalan dan tidak akan berfungsi, anda harus menguploadnya ke dalam directory folder wordpress anda contohnya seperti ini.

membuat-htaccess-di-wordpress-4

Sekarang file htaccess anda sudah berhasil dipasang dan anda bisa memodifikasi kode tersebut dengan beberapa kode tambahan untuk meningkatkan keamanan wordpress anda, akan tetapi jika anda belum melihat kode htaccessnya mungkin file tersebut masih tersembunyi dan untuk solusinya adalah seperti berikut ini.

membuat-htaccess-di-wordpress-5

Anda bisa menampilkan file yang tersembunyi melalui cpanel caranya dengan memilih tab pengaturan yang posisinya berada di pojok kanan atas dan centang opsi untuk menampilkan file yang tersebunyi tersebut dan Sampai disini maka tutorial membuat htaccess melalui cpanel hosting sudah berhasil dilakukan.

Perlu anda perhatikan seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas bahwa anda harus bisa menjaga file htaccess tersebut dengan baik jangan sampai terhapus apa lagi jika anda sudah memasukan beberapa pengaturan tambahan ke dalam file htaccess tersebut pastinya nanti anda yang akan repot untuk mengatur ulang intinya file ini sangat vital dan penting sekali keberadaannya saran saya mungkin anda bisa melakukan backup terhadap file htaccess tersebut demi alasan keamanan.

Add Comment