Cara Memasang Google Translate Di Blog WordPress

Memasang Google Translate Di Blog – Bagi anda yang ingin blog atau situsnya bisa ditampikan pada semua bahasa maka anda memerlukan tambahan multisite dengan membuat beberapa bagian situs lainnya berdasarkan bahasa negara akan tetapi jika menggunakan cara tersebut maka anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan oleh sebab itulah kita bisa menyederhanakan menggunakan bantuan googe translate.

Jadi ketika ada penggunjung luar yang ingin menterjemahkan situs anda ke dalam bahasa lain maka bisa langsung menggunakan fitur google translate tersebut jadi anda tidak perlu membuat blog multisite dan sebagainya, tutorial kali ini saya buat berdasarkan blog atau situs yang menggunakan wordpress dan buat anda yang menggunakan platform lain silahkan tunggu artikel selanjutnya.

Cara ini menggunakan bantuan plugin Google Translator Prisna dan untuk memulai langkah pertama silahkan anda cari pluginnya yang bernama Google Translator Prisna pada directory wordpress lalu install dan aktifkan seperti biasanya.

cara-memasang-google-translate-di-blog-1

Setelah itu kita bisa langsung mulai menggunakan pluginnya sebagai alat translator blog, silahkan anda buka dashboard pengaturan plugin tersebut lalu setting beberapa bagian penting. Pada bagain website language anda pilih bahasa indonesia sebagai bahasa utama blog anda dan pada bagian translation language pilih all use language.

cara-memasang-google-translate-di-blog-2

Sekarang lanjut ke tahap selanjutnya, pada bagian ini anda hanya perlu mengatur bentuk tombol google translator tersebut dan juga mengatur posisi penempatan di blog nantinya.

cara-memasang-google-translate-di-blog-3

Setelah semua pengaturan telah dilakukan dengan baik dan benar selanjutnya tinggal klik save changes untuk menyimpan pengaturan yang tadi telah kita lakukan dan sekarang kita akan pasang ke dalam blog, cara memasang tombolnya sangat mudah silahkan anda menuju menu widgets.

cara-memasang-google-translate-di-blog-4

Tempatkan tombol translator pada sidebar blog atau bisa anda tempatkan sesuai dengan selera anda sendiri setelah itu add widget dan save as maka blog anda sudah berhasil dipasangi fitur Google Translate dan anda bisa mencoba hasilnya sendiri seperti apa tampilan situs anda setelah diterjemahkan menggunakan Google Translate ini.

Jika hasilnya ternyata tidak bagus maka anda dapat melepas tombolnya akan tetapi cara ini lebih baik ketimbang anda membuat multisites yang cukup banyak memakan waktu anda walaupun hasil terjemahan Google Translate ini sedikit kacau dan tidak sesuai dengan konteks tulisan namun dengan adanya fitur terjemahan ini sudah cukup membantu penggunjung dari luar Indonesia yang menggunakan bahasa lain sehingga dapat membaca tulisan di blog anda ditengah keterbatasan yang ada.

2 Comments

  1. Asik pedia March 18, 2017
    • Dimas Wibowo March 18, 2017

Add Comment