Cara Disable Atau Nonaktifkan Feed WordPress Tanpa Plugin

Disable Atau Nonaktifkan Feed WordPress – Feed dalam sebuah blog atau website berfungsi sebagai upan balik yang artinya feed bisa dipakai sebagai pengirim berita dan konten serta seluruh isi dari blog tersebut. Biasanya feed dipakai oleh layanan agragator yang menyediakan berbagai macam berita dari berbagai macam situs tertentu yang nantinya dikumpulkan menjadi satu sehingga beberapa situs yang menyediakan layanan feed agregator tidak perlu menulis ataupun memposting sebuah artikel karena memang artikelnya sudah secara otomatis diterbikan oleh fitur feed tersebut.

Dan sayangnya saat ini banyak sekali orang yang menyalahgunakan fungsi dari feed tersebut yang digunakan untuk bermain blog auto generated content (agc) dengan memanfaatkan celah feed sebuah blog atau website yang masih terbuka, maka dengan demikian user yang bermain auto generated content tersebut lebih mudah mendapatkan artikel dari blog yang berhasil mereka curi melalui celah feednya yang masih terbuka.

Hasilnya jika sebuah blog atau web yang sudah dicuri feednya akan memiliki banyak sekali duplikat content yang tercatat di search engine dan peringkat blog tersebut akan turun karena dinilai sebagai blog copy paste oleh Google karena kesamaan artikel padahal artikel tersebut merupakan artikel asli yang ditulis sendiri namun karena telah dicuri orang jadinya terdapat beberapa duplikasi, oleh sebab itulah kita harus mematikan fitur feed yang ada di di dalam blog kita.

Berikut akan saya jelaskan secara ringkas bagaimana caranya untuk mematikan feed wordpress tanpa menggunakan bantuan plugin sedikitpun. langkah pertama silahkan anda buka menu appearance editor.

cara-disable-feed-wordpress-2

Setelah anda berhasil masuk ke dalam menu editor silahkan pilih theme yang sedang anda gunakan saat ini lalu cari bagian functions.php atau theme functions dan klik bagian tersebut nanti anda akan menjumpai tampilan baru.

cara-disable-feed-wordpress-3

Perhatikan dengan baik gambar diatas, untuk mematikan seluruh akses terhadap feed anda maka anda hanya perlu meletakan kode berikut setelah kode <?php seperti gambar yang saya contohkan diatas.

/** * Disable Our Feed Urls */ function fb_disable_feed() { wp_die( __(‘No feed available, please visit our domainanda.com’) ); } 

add_action(‘do_feed’, ‘fb_disable_feed’, 1); 
add_action(‘do_feed_rdf’, ‘fb_disable_feed’, 1); 
add_action(‘do_feed_rss’, ‘fb_disable_feed’, 1); 
add_action(‘do_feed_rss2’, ‘fb_disable_feed’, 1); 
add_action(‘do_feed_atom’, ‘fb_disable_feed’, 1);

 Silahkan anda ganti alamat domainanda.com menjadi alamat blog anda sendiri, setelah semuanya selesai sekarang tinggal simpan saja pengaturan tersebut dan untuk memastikan apakah berjalan dengan baik maka anda bisa membuka halaman feed milik anda di domainanda.com/feed jika berhasil maka feednya sudah tertutup dan akan muncul tampilan seperti ini.

cara-disable-feed-wordpress-4

Maka dengan diterapkannya cara ini diharapkan tidak ada lagi orang jahil yang berusaha untuk mencuri artikel anda melalui fitur feed baik itu rss, atom dan lain sebagainya, kekurangan dari cara ini adalah anda tidak bisa membuat sebuah fitur berlangganan feed via email karena memang fitur feednya telah anda tutup walaupun demikian anda tidak perlu risau karena fitur berlangganan via email semakin hari sudah tidak digunakan lagi penggunjung lebih senang untuk membaca dan melihat langsung ke blog anda apakah ada berita terbaru yang terbit atau tidak.

Add Comment