Tips Beriklan Di Facebook Ads Dengan Biaya Yang Murah

Beriklan Di Facebook Ads – Jika anda ingin memasarkan dan mempromosikan sebuah produk entah itu barang atau jasa maka Facebook adalah pilihan yang tepat untuk anda, Facebook diklaim memiliki hampir 70 juta pengguna aktif di Indonesia dan ini tentunya menjadikan peluang tersendiri bagi para seller yang ingin mempromosikan produk dan jasanya.

Facebook Ads tidak hanya cocok digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa tapi bisa juga untuk mempopulerkan sebuah event, artikel dan bisa juga digunakan untuk meningkatkan visitor blog dengan adanya peluang ini pastinya lebih mudah untuk mendapatkan pembeli dan visitor yang melimpah, tapi ada kalanya anda juga harus memperhatikan biaya iklan. Jujur saja beriklan di Facebook memang terbilang murah tapi kalau anda tidak tahu caranya maka sama saja dengan menghambur-hamburkan uang.

Oke saya akan berbagi pengalaman dan cara untuk beriklan di Facebook ads dengan biaya yang murah, Pertama mari kita lihat faktor-faktor berikut ini :

beriklan-di-facebook-ads-1

  • Konten iklan bisa berupakan produk, jasa atau artikel.
  • Anggaran harian dan jenis penawaran ada CPM atau CPC.
  • Materi iklan, untuk materi iklan tergantung krativitas anda untuk membuat materi yang eye catching.
  • Jenis iklan Facebook seperti Pagepost Enggagement, Click to Websites dan lain-lain.

Nah, saya anggap anda sudah mengerti terhadap faktor-faktor diatas sekarang mari kita analisa bagaimana caranya mendapatkan harga iklan yang murah di Facebook.

beriklan-di-facebook-ads-3

Konten iklan : Jika anda ingin mengiklankan produk atau jasa anda maka anda lihat dulu target persaingannya seberapa populer saingannya dan seberapa banyak yang berminat terhadap produk anda tersebut, misal anda mempromosikan sebuah smartphone xiaomi maka saingan anda adalah advertiser raksasa seperti lazada, blibli atau mataharimall tentu saja tarif iklannya akan mahal jadi jika anda ingin mempromosikan smartphone disarankan membuat konten iklan dengan jenis review smartphone yang nantinya akan menarik penggunjung untuk membeli smartphone yang telah anda review tadi.

Anggaran dan Penawaran : Facebook menyediakan 2 anggaran yaitu harian dan bulanan, silahkan anda pilih anggaran harian saja dengan minimum budget sebesar Rp 10.000 -, perhari lalu pada penawarannya silahkan pilih CPM yang artinya anda hanya membayar Facebook untuk perseribu tayang dan pilihlah metode untuk Interaksi kiriman, biaya per interaksi kiriman biarkan Facebook yang mengatur.

Materi Iklan : Nah, inilah point pentingnya silahkan anda membuat materi iklan yang sangat menarik para pembaca dari segi emosional misal anda membuat iklan dengan judul ‘Hp Xiaomi terbaru dengan kecepatan seperti jet tempur’ dan sebagainya, intinya bisa memaksa penggunjung melihat atau mengklik iklan yang sedang anda promosikan dan juga pilihlah gambar yang sangat eye-catching.

Jenis Iklan : Jika orang pada umunya menggunakan Facebook Ads langsung dari fanspage mereka dengan menggunakan pilihan boost post maka hal ini kurang tepat, jadi gunakan menu ‘kelola iklan’ atau ‘ads manager’ dengan metode pagepost enggagement yang tersedia dihalaman profil milik kita dengan menggunakan cara ini maka anda dapat mentargetkan, menentukan biaya dan melihat seberapa banyak jangkauan harian ditambah lagi iklan anda juga bisa tayang di Instagram.

Sekarang tinggal jalankan saja satu iklan, silahkan anda split test atau uji coba iklan untuk beberapa jam saja jika interaksinya tinggi namun CPC besar berarti iklan anda memang terbilang iklan yang mahal dan saingannya berat untuk solusi kembali pada faktor nomor tiga silahkan anda rubah materi iklannya hingga tarif CPC semakin kecil.

beriklan-di-facebook-ads-2

Berdasarkan dari pengalaman saya sendiri saat mengiklankan konten viral saya mendapatkan biaya Rp 23 -, saja untuk per interaksi kiriman baik itu klik, like ataupun komentar dengan total anggaran sekitar Rp 61.000 -, saya mendapatkan 36.000 jangkauan harian dan 2.700 lebih interaksi baik like, komentar ataupun klik traffic blog saya langsung naik dratis menjadi 1,5k perhari.

Intinya semakin mudah iklan anda dijangkau atau diminati maka tarif Facebook Ads akan murah, jadi kreasikan iklan anda sendiri semenarik mungkin semakin menarik dan semakin diminati maka semaki murah namun jika iklannya tidak diminati maka secara otomatis Facebook akan mempromosikan iklan tersebut dengan biaya yang mahal agar cepat mendapatkan interaksi, sampai disini sudah mengerti ? jika belum silahkan berdiskusi saya akan menjawab pertanyaan anda semua.

11 Comments

  1. Widyas May 6, 2017
    • Dimas Wibowo May 17, 2017
  2. agus May 13, 2017
    • Dimas Wibowo May 17, 2017
  3. irham May 16, 2017
    • Dimas Wibowo May 17, 2017
  4. Heroe May 27, 2017
    • Dimas Wibowo May 29, 2017
  5. Jasa Iklan Facebook May 31, 2017
  6. gohan June 6, 2017

Add Comment