Ini Bahaya Jika Menggunakan Themes WordPress Bajakan Atau Nulled

Bahaya Jika Menggunakan Themes WordPress Bajakan – Buat anda yang ingin serius membangu sebuah blog yang akan dijadikan moneysite lebih baik perhatikan hal ini, terkadang banyak blogger yang ingin tampilan blognya bagus dan professional lalu untuk memenuhi semua itu maka mereka mencoba themes premium bajakan alias nulled, saya akui memang tampilan dan desain dari themes premium sangat mengoda pendangan semua blogger terutama fitur-fiturnya yang melebihi themes gratisan.

Tapi coba perhatikan dari mana mereka mendapatkan themes premium tersebut ? ya mungkin ada sebagian yang mampu untuk membeli themes originalnya tapi ada juga yang nekat download versi bajakannya kenapa semua itu bisa terjadi ? karena harga dari themes premium itu sangat mahal silahkan cek sendiri di themeforest, themejunkie dan lainnya kebanyakan themes premium tersebut dibandrol dengan harga $35 – $50 per themenya belum lagi tambahan support dan pajaknya.

Padahal masih banyak themes premium yang murah meriah caranya tinggal mencari penjual lokal, reseller atau bisa juga dengan mencari diskonannya untuk mendapatkan harga yang murah. Saya memiliki pengalaman buruk tentang hal ini saat pertama kali mengenal blog berbasis wordpress saya tidak peduli mana itu themes gratis atau premium yang penting pasang dan mulai nulis tapi lama kelamaan ada yang aneh dari kelakuan blog yang saya kelola tersebut misalnya seperti :

  • Redirect otomatis ke halaman aneh sepertinya itu situs affiliasi, padahal saya tidak pernah pasang link affiliasi.
  • Statistik awstat menjadi banyak sampai 40.000 ribu visitor padahal setelah saya cek di histats vistor hanya sekitar 2000 saja setiap hari.
  • Bandwidth dan disk tiba-tiba membengkak padahal jumlah artikel hanya 200 pada saat itu.

Setelah saya merasa heran dengan kelakuan blog saya tersebut lantas saya melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu berbekal sedikit ilmu .php yang saya ketahui, setelah memakan waktu sampai 3 jam akhirnya terlihat jika backdoor atau exploit yang ada didalam themes tersebut, berikut gambarnya.

bahaya-jika-menggunakan-themes-wordpress-bajakan-1

Terdapat kode backdoor sebagai exploit yang ditanam oleh si pembajak, saya sendiri tidak tahu backdoor tersebut berfungsi sebagai apa tapi prediksi saya backdoor tersebut berfungsi untuk menghapus atau menghancurkan semua database yang ada di blog saya sebab terdapat ip control pada backdoornya mungkin si pembajak sudah mengetahui isi website saya jadi tinggal shutdown saja.

Belum cukup sampai disitu saya juga menemukan kode lainnya yang sepertinya ini merupakan kode yang saya duga sebagai link affiliasi walaupun tidak terdapat urlnya tapi menurut saya kode tersebut merupakan kode perintah untuk memanggil url affiliasi yang mungkin masih bersembunyi didalam bagian themes yang lain, untung saja Google tidak sempat mendeteksi blog saya sebagai situs yang berbahaya karena themesnya yang ditanami backdoor.

bahaya-jika-menggunakan-themes-wordpress-bajakan-2

Jujur saja sejak kejadian tersebut saya menjadi lebih berhati-hati dalam memilih themes wordpress lebih baik gratisan yang aman dari kode kode jahat dibanding bagus tapi bahaya bisa menurunkan kualitas blog apalagi jika traffic blog sadah tinggi pastinya akan tambah repot lagi dan akhirnya blog tersebut saya ganti themesnya dan saya biarkan saja tidak saya urus entah blog tersebut masih aktif atau tidak sudah hampir 9 bulan tidak saya buka.

Saran saya lebih baik gunakan themes gratisan yang ada pada direktori wordpress dan jika anda merasa tidak puas dengan themes gratis yang kebanyakan tampilan dan fiturnya standard maka anda bisa membeli themes premium original seperti apa yang sudah saya sampaikan tadi cari saja penjual lokal, reseller atau cari diskon harganya agar dapat potongan maka dengan demikian aktivitas blogging anda semakin mudah dan lancar.

Saya sendiri telah menggunakan themes premium yang saya beli dari seller di forum ads.id harganya murah hanya dengan 1$ atau sekitar Rp 13.000 -, saja untuk satu themes jadi dengan keadaan seperti ini saya lebih semangat untuk memangun blog lagi dari awal dan dari nol itulah pengalaman yang telah saya sampaikan jadilah smart buyer dan smart blogger, salam sukses untuk kita semua !

2 Comments

  1. jokoyu June 5, 2017
    • Dimas Wibowo June 6, 2017

Add Comment